Tuesday, May 31, 2016

Cara Membedakan Smartphone Asli Dengan Smartphone Palsu



Banyak sekali smartphone yang dijual dan menawarkan berbagai kelebihan daik dari harga maupun spesifikasinya. Smartphone memang menjadi komoditas penting saat ini dan angka penjualan smartphone pun sangat besar, sehingga banyak produsen berlomba lomba mengeluarkan produk smartphonenya untuk bersaing dipasar tanah air maupun internasional.


Sehingga kesempatan ini di manfaatkan oleh produsen nakal yang hanya ingin meraih keuntungan semata tanpa memperdulikan kepuasan konsumen dengan menawarkan smartphone aspal atau asli tapi palsu. Untuk itu saya membuat sebuah artikel mengenai Cara Membedakan Smartphone Asli Dengan Smartphone Palsu, agar pembaca dapat membedakan mana smartphone asli dan mana smartphone palsu dan tentunya juga yang belum atau ingin beli dapat membedakannya sedini mungkin agar tidak kecewa setelah membelinya. Langsung saja dibawah ini adalah artikel mengenai Cara Membedakan Smartphone Asli Dengan Smartphone Palsu, bacalah dengan teliti karena ini  menyangkut performa dari smartphone android anda dan semoga bermanfaat

Cara Membedakan Smartphone Asli Dengan Smartphone Palsu

1. Baca Spesifikasinya Dengan Detail

Spesifikasi sebuah smartphone dapat dijadikan patokan apakah smartphone tersebut asli atau palsu. Untuk membedakannya coba periksa dan baca spesifikasinya dengan detail, biasanya smartphone asli menggunakan spesifikasi minimal jaringan GSM 850/900/1800/1900 dan untuk 3G HSDPA 850/900/1900/2100 dan tidak dapat dilakukan di smartphone palsu. Untuk prosessornya smartphone palsu biasanya akan cenderung berbeda, lihat saja pada kapasitas RAM dan ROM akan lebih sedikit bahkan ada yang hanya 512 MB dan itu jauh lebih sedikit dibandingkan smartphone aslinya. Yang paling menonjol biasanya terdapat pada kameranya.

2. Periksa Kode IMEI

Cara untuk mengeceknya adalah dengan cara menekan tombol ini *#06# dan ketika IMEI nya muncul coba dicocokan dengan IMEI yang terdapat pada box atau kotak atau kardusnya. Dan setelah itu lihat IMEI nya lagi, lalu periksa deret agka ke 7 dan 8 dan coba cari tahu di google 2 angka tersebut untuk mengetahui tempat pembuatannya.

3. Cek Data Exif Foto

Caranya adalah dengan coba mengambil gambar menggunakan kamera smartphone tersebut lalu pindahkan ke pc atau laptop dan lihat Data Exifnya (biasanya ada di paling bawah ketika kita mengkliknya satu kali) dan lihat gambar tersebut diambil menggunakan perangkat apa. Ada cara lain untuk mengeceknya, ini adalah lanjutan langkah pertama. Coba mengambil gambar dengan smartphone tersebut dan lihatlah berapa ukuran gambar tersebut, biasanya jika smartphone asli ukurannya akan diatas kurang lebih 200 KB.

4. Cek Menggunakan Aplikasi Benchmark

Aplikasi ini dapat anda cari di google maupun play store, penggunaannya pun sangat mudah dan simpel.

5. Lihat Desain Dan Warna Smartphone

Desain dari smartphone palsu sangat mencolok, bisanya bahan yang digunakan untuk cassing menggunakan plastic murahan dan letak tombolnya akan bergeser dan tidak tepat ditengah. Untuk warnanya , smartphone palsu memiliki warna yang terlihat kurang fresh dan warnanya mudah luntur.

6. Periksa Kartu Garansi

Pada kartu garansi nya coba lihat took atau perusahaan yang mengeluarkannya, bisanya jika smartphone itu palsu garansinya akan sama dengan kartu garansi smartphone asli tetapi alamat dan perusahaannya berbeda dan ketika dihubungi seperti menghubungi orang yang tidak dikenal malah malah bisa tidak dijawab oleh costumer servicenya.

7. Periksa Performa Smartphone

Ini adalah cara yang paling ampuh untuk membedakan mana smartphone asli dan mana smartphone palsu. Kita tidak akan tahu apakah kualitas dari smartphone itu baik atau tidak jika belum mencobanya sendiri. Jika smartphone terasa lemot dan ketika melihat spesifikasinya menggunakan RAM yang besar bisa jadi itu adalah smartphone fake atau palsu, tetapi jangan langung menuduh smartphone tersebut palsu bisa jadi di smartphone anda terdapat banyak aplikasi yang memakan RAM sehingga smartphone android anda akan terasa lemot.

8. Periksa Detail Tulisan

Letaknya didalam cassing dan biasanya ada di bawah baterai, coba periksa letak negara pembuatnya biasanya akan berbeda dengan smartphone asli, tetapi ada juga smartphone asli yang dibuat di negara lain untuk mengurangi jumlah biaya produksinya. Tulisan tersebut akan mudah hilang dan luntur jika smartphone tsbt palsu atau sudah lama.

9. Periksa NFC Connector Baterai

NFC Connetcor baterai berupa timah kuning yang ada di baterai dan di smartphone asli NFC Connectornya akan sedikit kedalam dan terlindungi sedangkan di smartphone palsu akan lebih menonjol dan seperti tidak terlindungi.

10. Coba Bandingkan Kualitas Dengan Harganya

 Caranya dengan membandingkan harga dengan kualitasnya, smartphone palsu akan lebih murah , kecuali smartphone BM memang memiliki harga yang murah tetapi itu adalah smartphone asli. Smartphone palsu biasanya dijual melalui jejaring social dengan menawarkan harga yang jauh lebih murah berkisar antara rp. 750.000 hingga Rp. 1.250.000

Jadi untuk kalian yang belum membeli smartphone atau ingin membeli smartphone artikel ini dapat dijadikan referensi agar tidak salah ketika membeli smartphone yang diinginkan, slah salah nanti kita menyesal jika tertipu membeli smartphone palsu, ingat jangan tergiur dengan harga yang murah, harga yang murah tidak dapat kita jadikan patokan bagaimana kualitas dari smartphone tersebut.
Terima kasih telah berkenan membaca artikel saya yang berjudul Cara Membedakan Smartphone Asli Dengan Smartphone Palsu, bila ada salah kata saya mohon maaf dan bila ada pertanyaan silahkan tanyakan dan akan saya jawab jika saya dapat menjawabnya, sekian.